Info Seputar Garut

Kabupaten Garut, adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Recent Posts

Kerupuk Kulit

Kerupuk Kulit (Dorokdok)

Kerupuk Kulit (Dorokdok)

Di saat bersantai kegiatan mengemil memang paling disukai banyak orang. Apalagi ditemani secangkir coffemix dan sebungkus camilan yang nikmat dan memanjakan lidah. Mungkin makanan asal Garut, Jawa Barat ini bisa dijadikan menu camilan anda sehari-hari. Dorokdok ialah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi, yang mempunyai tekstur garing dan kasar, namun begitu lembut ketika dikunyah.

Dinamakan dorokdok, karena ketika dikunyah kerupuk ini akan menimbulkan suara “dorok..dok..dok” sehingga dibuatlah nama dorokdok ini.

Kerupuk dorokdok terbuat dari bahan utamanya daging yang masih menempel di kulit sapi, lalu diberi tambahan garam untuk menambah rasa. Cara pembuatan kerupuk ini melalui proses yang cukup panjang. Pertama pemilihan kulit sapi yang masih berusia muda. Lalu, kulit yang sudah dipilih diberi garam dan dibilas sampai bersih, sehingga kulit sapi menjadi rasa tawar. Setelah itu keringkan kulit dengan dijemur atau digantung sampai kering.

Untuk membersihkan bulu yang masih menempel di kulit sapi dengan cara dibakar sampai bulunya benar-benar hilang. Lalu, kulit direbus, direndam satu malam, lalu direbus lagi sampai setengah matang menggunakan bumbu rempah-rempah dan gula merah sesuai takaran. Setelah itu kulit dipotong-potong kecil dan menuju tahap terakhir yaitu tahap penggorengan. Setelah digoreng dan ditiriskan, barulah kerupuk dorokdok ini dimasukkan dalam kemasan. Selain kulit sapi yang digunakan untuk membuat kerupuk dorokdok ini, kulit kerbau pun bisa dijadikan pengganti kulit sapi. Keduanya sama nikmatnya.

Karena prosesnya yang cukup panjang tadi, anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmati lezatnya kerupuk ini. Untuk satu bungkus ukuran satu kilogram, harga dari kerupuk ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah per bungkusnya. Namun harganya sebanding dengan cita rasa yang dihasilkan dari kerupuk dorokdok ini. Gurih dan renyah itulah ciri khas yang akan anda rasakan! Kerupuk kulit ini selain enak sebagai camilan juga sangat bergizi, karena terbuat dari daging dan lemak sapi. Kini penyebaran kerupuk khas kota Garut yang terkenal dengan dodolnya itu, sudah tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.

Untuk para pecinta kuliner yang doyan camilan. Segera rasakan sensasi nikmatnya kerupuk kulit asal Garut ini. Selain cocok sebagai camilan di rumah saat bersantai, dorokdok juga bisa dijadikan oleh-oleh yang unik untuk dipersembahkan kepada keluarga dan orang-orang tercinta. Selamat menikmati dorokdok!

Sumber