Info Seputar Garut

Kabupaten Garut, adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Recent Posts

Batu Akik Garut

Batu akik garut

jenis dan ragamnya – salah satu wiliayah Indonesia yang kaya akan potensi batu akik adalah garut terutama di kecamatan Bungbulang, di kecamatan ini sejak puluhan tahun silam telah menjadi sentra produksi batu akik berkualitas. Apa saja ragam dan jenis batu akik berkualitas yang di hasilkan oleh garut, mari kita simak ulasan lengkap batu akik garut sebagai berikut :

1. Batu akik hijau Garut

Batu Akik Garut

Batu akik hijau garut ini adalah jenis batu akik yang paling terkenal dan popular. Salah satu varian batu akik hijau garut ini, yaitu jenis Chrysoprase, jenis ini merupakan jenis super, dan merupakan batu akik yang sangat langka dan paling banyak di buru para kolektor. Banyak para kolektor yang langsung mencari ke lokasi penambangan, tetapi karena sudah langka terkadang para kolektor harus pulang dengan tangan hampa, jika adapun terkadang harganya lumayan mahal.

2. Batu akik hijau tosca

Batu Akik Garut

Batu hijau garut kedua adalah batu hijau tosca atau toska garut. Walaupun tidak sepopuler di bandingkan dengan batu hijau garut. Batu tosca juga banyak yang mencari karena keindahan warna yang dimilikinya. Batu hijau tosca banyak di hasilkan di kecamatan Bungbulang, caringan dan Cisangkal. Batu akik hijau tosca juga saat ini mulai langka, maka tak heran jika batu akik jenis akan semakin melambug dari segi harga.

3. Batu akik Panca warna Garut

Batu Akik Garut

Batu akik panca warna garut banyak dihasilkan di wilayah desa caringan garut selatan. Batu panca warna garut yang paling terkenal dan sudah melegenda adalah batu panca warna garut edong. Ciri utamanya adalah terdapatnya 5 warna dalam satu batu. Salah satu yang membuat tingginya nilai batu panca warna garut adalah kombinasi lima warna pada batu tersebut mampu menghadirkan sebuah gambar laksana lukisan abstrak.


Demikianlah ulasan sederhana kami tentang batu akik garut yang melegenda tersebut. Semoga sajian ini bisa semakin memperluas wawasan kita di bidang batu akik yang saat ini sedang trend di Indonesia. Semakin luas wawasan kita tentang berbagai jenis batu akik Indonesia, semoga juga semakin membuat kita bangga dan cinta akan tanah air Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya, salah satu nya adalah kekayaan batu mulianya.